Typepedia.blogspot.co.id

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup - Berbicara hewan purba, pasti kita pikir semua hewan purba dimuka bumi ini telah punah. Ya kebanyakan hewan purba telah punah akibat dimakan usia dan regenerasi ke hewan-hewan pada umumnya saat ini. Tapi 10 hewan purba dibawah ini DIDUGA masih hidup hingga sekarang.

1. Megalodon

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, Megalodon berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti “gigi besar”. Megalodon termasuk jenis hiu perairan dalam dan jarang naik ke permukaan kecuali untuk mencari mangsa. Isu tersebar, meski Megalodon belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa Megalodon masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat Megalodon adalah hiu putih.

2. Pliosaurus

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Pliosaurus adalah sebuah genus dari reptil laut telah punah. Termasuk dalam keluarga Pliosauridae. Merupakan predator besar dengan makanan utamanya adalah ikan, cumi-cumi dan reptil laut lainnya. Pliosaurs menghantui lautan di dunia, menyerang dengan kekuatan dan kecepatan intens. Leher pendek dan rahang besar, mereka layaknya mesin pembunuh. Kerangka Pliosaur terbesar dengan panjang luar biasa, yaitu 52 meter, dengan total panjang kepala hampir 8 kaki.

3. Gigantopithecus

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Gigantopithecus dapat berdiri tegak dan mengaum keras. Mereka adalah kera terbesar yang pernah ada. Gigantopithecus membuat rumahnya di kaki bukit pegunungan China. Gigantopithecus hidup pada akhir periode Tersier sampai awal periode Kuarter. Diperkirakan Gigantopithecus memiliki tinggi sekitar 3 meter. Gigantopithecus memakan bambu dan tanaman lain. Gigantopithecus ditemukan pertama kali tahun 1935, ketika seorang paleontolog Jerman menemukan fosil gigi dijual di toko obat China. Ia tahu bahwa gigi itu berasal dari primata yang belum teridentifikasi. Ada teori bahwa Gigantopithecus masih hidup sampai sekarang. Beberapa orang percaya bahwa Gigantopithecus adalah yeti atau manusia salju katanya hidup di Himalaya.

4. Helicoprion

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Helicoprion merupakan jenis dari hiu yang hidup sekitar 300 tahun lalu. Berbeda dengan hiu modern, Helicoprion memiliki gigi berbentuk lingkaran mengingatkan pada gergaji bulat. Tidak ada lokasi pasti dari “gigi-bulat” itu, mengingat bahwa “gigi-bulat” tersebut merupakan satu-satunya fosil yang dikenali. Berdasarkan rekonstruksi dari para ahli, sampai saat ini disimpulkan bahwa “gigi-bulat” tersebut terletak di bagian depan rahang bawah, berfungsi untuk menggali. Salah satu hipotesis menyebutkan bahwa gigi tersebut berfungsi untuk menjebol cangkang dari kerang yang merupakan salah satu makanannya. Selain itu, ada pula hipotesis menyebutkan bahwa Helicoprion sering berenang ke arah kumpulan ikan, dan menjebak mereka di rahang-rahangnya yang tajam.

5. Gastornis

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Gastornis berarti “burung Gaston” merupakan salah satu jenis burung yang tidak dapat terbang dan telah punah. Sebelum ditemukan fosilnya, Gastornis dikenal dengan sebutan Diatryma. Gastornis memiliki paruh sangat mengagumkan . Berukuran besar dengan bentuk sedikit bengkok ke atas. Paruh tersebut dapat dijadikan bukti bahwa Gastornis termasuk ke dalam golongan karnivora. Selain itu, kaki dapat dimasukkan sebagai bukti lainnya.

6. Dunkleosteus

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Tidak seperti hiu, yang telah bertahan selama lebih dari 400 juta tahun, Dunkleosteus hidup kurang dari 50 juta tahun lalu. Mereka dapat mencapai ukuran tubuh hingga panjang 30 kaki dan beratnya lebih dari 4 ton. Karena tubuhnya secara alami terbentuk seperti lapisan baja, Dunkleosteus dapat dikategorikan sebagai hewan yang bergerak relatif lambat. Dunkleosteus dianggap hanya berdiam di bagian dasar lautan. Selain gigi, bagian rahang depan dari Dunkleosteus berbentuk seperti paruh sangat tajam. Dunkleosteus merupakan hewan memiliki gigitan paling kuat selain Pliocene shark Megalodon.

7. Titanoboa

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Titanboa merupakan jenis ular yang hidup sekitar 58-60 juta tahun lalu. Para ahli menyimpulkan bahwa ukuran tubuh Titanboa sangat luar biasa, dengan panjang maksimal 12-15 meter, dengan berat 1135 kg, dan diameter sekitar 1 meter. Bandingkan dengan ukuran tubuh ular terbesar yang ada saat ini.





8. Orthocone

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Sekitar 460 tahun lalu, orthocone adalah hewan terbesar yang ada di bumi dan merupakan predator terganas. orthocone hidup dengan cangkang konus sangat panjang (kira2 11 m). Tanpa sirip ataupun ekor. Orthocone bergerak dengan cara mendorong air ke arah berlawanan dengan arah dituju. Pergerakan vertikal dilakukan dengan mengontrol jumlah air laut yang ada di dalam cangkang. Makanan dari orthocone adalah beberapa anthropoda, seperti sea scorpion.

9. Sabertooth

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
Sabertooth hidup beberapa juta tahun lalu saat bumi masih diselumuti es tebal pada Ice Age. Jenis sabertooth terbesar adalah Smilodon, berukuran sedikit lebih kecil dari panther akan tetapi memiliki bobot lebih berat yaitu 440 lbs. Beberapa Sabertooth bahkan dapat tumbuh hingga mencapai panjang 15 kaki. Makanan utama Sabertooth adalah mamoth, antelop, rusa, dan kerbau. Hal paling menakutkan dari Sabertooth adalah taringnya sangat panjang dapat mencapai 28 cm. Beberapa ahli berpendapat bahwa kekuatan utama dari Sabertooth bukan tertelak pada gaya gigitannya, akan tetapi pada kekuatan otot leher untuk mencabik mangsa dengan menancapkan taringnya pada mangsa tersebut. Sabertooth dapat membuka rahangnya hingga membentuk sudut 120 derajat. Jauh lebih besar daripada singa yang hanya 65 derajat.

10. SuperCroc (Sarcosuchus)

10 Hewan Purba Yang Masih Hidup
SuperCroc merupakan jenis buaya hidup 112 juta tahun lalu. Merupakan salah salah satu jenis buaya terbesar di dunia. Memiliki panjang tubuh sekitar 12 meter dengan berat kira-kira 8-10 ton. Berdasarkan bukti fosil meunjukkan bahwa SuperCroc hidup di daerah afrika pada zaman itu masih berupa dataran tropis. Mata dari SuperCrocdapat berputar ke atas dan memiliki fungsi sebagai teleskop. Para ahli berpendapat bahwa SuperCroc menghabiskan banyak waktunya untuk bersembunyi di air untuk menunggu manganya. Giginya yang tajam dan kuat berfungsi untuk mencengkram dan menghancurkan mangsa. Makanan dari SuperCroc adalah ikan2 dan hewan2 besar, kura2, ataupun dinosaurus kecil.
1 Comments Blogger
  1. coelacanth gk termasuk disini ya? padahal masih hidup di indonesia pertama di temukan di teluk menado, maka dari itu nama latin dari spesis tersebut latimera menadoensis

    BalasHapus


Join This SiteInstagram