Typepedia.blogspot.co.id

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia - Perpustakaan adalah sebuah tempat yg memiliki koleksi buku-buku dimana orang-orang akan datang untuk membaca ataupun belajar. Biasanya desain bagian dalam perpustakaan cenderung monoton dan sama seperti bangunan lainya, tapi perpustakaan terindah berikut memiliki desain interior yg menakjubkan. Perpustakaan terindah di bawah ini ada yg merupakan perpustakaan nasional dan ada perpustakaan milik biara. Berikut 10 perpustakaan terindah di dunia.

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia

Perpustakaan Admont Abbey, Austria

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah pertama adalah perpustakaan Admont Abbey. Perpustakaan Admont Abbey terletak di kota Admont, Austria. PerpustakaanAdmont Abbey merupakan perpustakaan biara terbesar di dunia. Perpustakaan Admont Abbey dibangun pada tahun 1776 dan dirancang oleh arsitek Joseph Hueber. Dengan panjang 70 meter, lebar 14 meter dan tinggi 13 meter, perpustakaan ini memiliki tujuh kubah dan dihiasi dengan lukisan dinding oleh Bartolomeo Altomonte menunjukkan tahap pengetahuan manusia hingga titik tinggi Wahyu Ilahi.

Perpustakaan Abbey of St. Gallen, Swiss

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan Abbey of St. Gallen. Perpustakaan Abbey of St. Gallen terletak di Saint Gallen, Swiss. Perpustakaan Abbey of St. Gallen sudah ada sejak tahun 719 dan didirikan oleh didirikan oleh Saint Othmar, pendiri Biara St Gall. Pada tahun 1983 perpustakaan ini bersama dengan Biara St Gall ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia. Ruang perpustakaan yg dirancang oleh arsitek Peter Thumb dengan gaya Rococo, dianggap gaya yg paling indah di Swiss dan salah satu ruang perpustakaan paling sempurna di seluruh dunia.

Perpustakaan Strahov Monastery, Ceko

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan Strahov Monastery. Perpustakaan Strahov Monastery terletak di kota Praha, Ceko. Perpustakaan Strahov selesai dibangun pada tahun 1679 yg diprakarsai oleh Jeroným Hirnheim. Biara ini sempat mengalami renovasi besar-besaran ketika pasukan Perancis memborbardir kota Praha pada tahun 1742. Perpustakaan yg juga sering disebut Teologický sál ini memiliki sekitat 200 ribu lebih koleksi buku.

Perpustakaan El Escorial, Spanyol

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan El Escorial. El Escorial dulunya adalah tempat tinggal Raja Spanyol yg terletak sekitar 45 km dari Madrid. El Escorial ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984 dan juga bertindak sebagai istana kerajaan, museum, biara, dan bahkan sebagai sekolah. Raja Philip II yg mengakuisisi El Escorial sebagai perpustkaan terbaik dan juga menyumbangkan koleksi dokumen pribadinya. Perpustakaan terindah ini pertama kali direncanakan oleh Juan de Herrera dan lukisan pada langit-langit yang luar biasa dicat oleh Pellegrino Tibaldi.

Perpustakaan Melk Abbey, Austria

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan Melk Abbey. Melk Abbey didirikan pada tahun 1089. Satu abad kemudian didirikan sebuah sekolah monastik dan perpustakaannya mulai memiliki reputasi karena koleksi naskahnya yang mengesankan. Tidak hanya koleksi, ruangan perpustakaan ini pun sangat indah karena lukisan dinding yg dibuat oleh Johann Michael Rottmayr. Perpustakaan Melk Abbey juga memiliki koleksi naskah musik terkenal dari Paul Troger.


Perpustakaan Nasional Ceko, Ceko

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan nasional Ceko. Perpustakaan Nasional Ceko didirikan pada tahun 1777 dan terletak di kota Praha, Ceko. Perpustakaan terbesar di Ceko ini mendapat pengakuan internasional karena berhasil meraih Jikji Prize dari UNESCO pada tahun 2005 dalam upaya digitalisasi naskah-naskah tua. Bagain dalam perpustkaan ini sungguh indah dan bersih.

Perpustakaan Nasional Austria, Austria

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan nasional Austria. Perpustakaan Nasional Austria terletak di kota Wina, Austria dan merupakan perpustakaan terbesar di Austria kerana memiliki lebih dari 7,4 juta koleksi. Perpustakaan ini dibangun pada abad ke-18 dan memiliki rekor buku tertua di dunia yg berjudul "the 1368 Golden Holy Gospels". Perpustakaan ini lebih mirip museum karena bukan hanya buku yg menjadi koleksinya melainkan patung dan lukisan terkenal. Bagian interiornya pun lebih kelihatan seperti museum.

Perpustakaan Trinity College, Irlandia

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan Trinity College. Perpustakaan Trinity College adalah perpustakaan terbesar di Irlandia. Perpustakaan ini dibangun seraya dibangunnya Trinity College pada tahun 1592 oleh Ratu Elizabeth I. Perpustakaan Trinity College memiliki koleksi sekitar 6 juta buku. Buku yg paling terkenal adalah buku "Book of Kells", yg ditulis sekitar tahun 800 dan terkenal sebagai salah satu naskah yang paling indah di dunia. 

Perpustakaan Bibliothèque nationale de France, Perancis

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah selanjutnya adalah perpustakaan Bibliothèque nationale de France. Perpustakaan Bibliothèque nationale de France adalah perpustakaan nasional Perancis yg terletak di kota Paris. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1461 dan memiliki sekitar 30 juta koleksi benda termasuk 14 juta koleksi buku. Perpustakaan Nasional Perancis resmi dibuka pada tanggal 15 Desember 1996 dan menjadi salah satu perpustakaan terbesar dan termodern di dunia.

Perpustakaan Kongres, Amerika Serikat

10 Perpustakaan Terindah Di Dunia
Perpustakaan terindah terakhir adalah perpustakaan Kongres. Perpustakaan Kongres terletak di Washington, D.C, Amerika Serikat dan didirikan pada tanggal 24 April 1800 oleh Presiden John Adams. Perpustakaan Kongres memiliki 130 juta lebih dokumen termasuk 30 juta koleksi buku. Perpustakaan Kongres juga merupakan perpustakaan terbesar di dunia dari segi rak buku dan jumlah buku menurut Guinness World Records.
0 Comments Blogger


Join This SiteInstagram