Typepedia.blogspot.co.id

10 Gua Paling Unik Di Dunia

10 Gua Paling Unik Di Dunia - Dalam benak kita gua tergambar seperti berlumpur, basah, penuh dengan satwa liar, serta dibanjiri dengan air yang dingin. Gua ada yang terbuat dari marmer, kristal, maupun basalt. Namun gua-gua unik di bawah ini memiliki keunikan tersendiri. Tentu dari beberapa gua unik ini ada tantangan yang harus di hadapi untuk bisa mengaksesnya. Bagi anda pecinta petualangan, mungkin anda bisa menambah pengalaman anda mengunjungi gua unik ini. Berikut 10 Gua Paling Unik Di Dunia.

10. Eisriesenwelt Cave

10 Gua Paling Unik Di Dunia
The Eisriesenwelt Cave terletak di Austria dan merupakan gua es terbesar di dunia. Panjang gua ini hampir 50 kilometer. The Eisriesenwelt Cave ditemukan pada tahun 1879. Memiliki lorong-lorong saling berhubungan, yang memungkinkan udara masuk ke semua lorong sehingga membuat suhu di dalam gua ini menjadi dingin. Gua yang terletak di atas desa Werfen di Salzburg, Austria memiliki dinding yang berwarna-warni sehingga tampak indah bila terkena cahaya lampu.

9. Fingal’s Cave

10 Gua Paling Unik Di Dunia
Gua Fingal terletak di pulau Staffa. Pulau Stafa adalah pulau tak berpenghuni di lepas pantai Skotlandia. Gua ini sering disebut juga Uamh Binh atau gua melody. Gua Fingal memiliki panjang 70 meter dan seluruhnya terbuat dari pilar heksagonal basal yang mungkin terbentuk oleh aliran lava. Pada tahun 1829, komposer Felix Mendelssohn mengunjungi gua Fingal, dan suara ombak di dalam gua ini  menjadi inspirasi untuk lagunya yang bejudul Hebrides Overture.

8. Blue Grotto

10 Gua Paling Unik Di Dunia
Gua Blue Grotto atau sering disebut Grotto Azzura adalah daya tarik wisata paling terkenal di Capri, Napoli, Italia. Gua ini setengah di antaranya di penuhi oleh air laut. Pada era Romawi, gua itu dikatakan rumah bagi Makhluk seperti Nereids dan Sirene. Gua ini memiliki cahaya biru yang menakjubkan yang  dihasilkan oleh sinar matahari melalui lubang di dekat permukaan air. Jika anda ingin menunjungi gua Blue Grotto, waktu terbaik untuk mengunjungi gua ini adalah pada sore hari, dimana sinar matahari bersinar langsung ke arah gua tersebut.

7. Wisteria Tunnel

10 Gua Paling Unik Di Dunia
The Kawachi Fuji Gardens adalah sebuah taman atau kebun tanaman Wisteria yang diatur menyerupai terowongan gua. Sekitar 150 tanaman wisteria dari 20 spesies yang tumbuh di taman tersebut. Waktu terbaik untuk mengunjungi The Kawachi Fuji Gardens adalah pada akhir April hingga pertengahan Mei, ketika "Fuji Matsuri" atau "Wisteria Festival" diadakan.

6. Orda Cave

10 Gua Paling Unik Di Dunia
Ordinskaya atau Orda Cave merupakan gua bawah air terpanjang di Rusia. Panjangnya hampir 5 kilometer dengan air yang sangat jernih sehingga para penyelam dapat melihat hampir 45 meter ke depan dan uniknya di dalam gua bawah air ini tidak ada arus. Suhu pada permukaan air pada gua ini berkisar -20 ° Celsius a (-4 ° F). Anda juga dapat melihat bongkahan-bongkahan gipsum di dalam gua. Bongkahan tersebut berukuran mencapai mobil dan bus.

5. Waitomo Caves

10 Gua Paling Unik Di Dunia
Gua Waitomo adalah bisa dibilang habitat asli spesies glowworm Selandia Baru yaitu  Arachnocampa luminosa. Ribuan glowworms ini hidup di Gua Waitomo dan telah menjadi salah satu daya tarik utama dari gua ini.

4. Puerto Princesa Subterranean River

10 Gua Paling Unik Di Dunia
The Subterranean River terletak di Palawan, Filipina juga sering disebut St Paul Underground River. Didirikan sebagai taman nasional pada tahun 1971 dan merupakan sebuah sungai dengan panjan sekitar 8 kilometer yang mengalir langsung ke laut. Sungai tersebut mengalir melalui sebuah gua yang terdapat formasi batu kapur yang paling indah di dunia. Beberapa formasi tersebut menyerupai hewan, jamur, dan manusia. Pada tanggal 28 Januari 2012, Subterranean River menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru. Hanya 4 kilometer dari sungai yang boleh diakses untuk wisatawan. Izin khusus diperlukan jika seseorang ingin melakukan perjalanan mengitari seluruh sungai.

3. The Marble Cathedral

10 Gua Paling Unik Di Dunia
The Cuevas de Marmol atau Marble Cathedral adalah sebuah gua yang memilliki ukiran pada dindinngnya dan terletak di perbatasan Chile-Argentina. Untuk mengunjungi gua ini anda harus melewati perjalanan panjang. Anda harus terbang dari ibukota ke kota Coyhaique. Tapi perjalanan panjang ini terbayar ketika anda sampai ke dalam gua dan melihat ukiran-ukiran unik pada dinding gua dan air yang jernih sejernih kristal. Namun gua ini hanya dapat diakses dengan perahu.

2. Good Luck Cave

10 Gua Paling Unik Di Dunia
Gua Nasib Baik atau Good Luck Cave adalah gua terbesar di dunia. Gua ini terletak di Gunung Mulu National Park di Kalimantan. Diperkirakan tinggi langit-langit gua sekitar 100 meter. Gua ini begitu besar sehingga delapan jet jumbo bisa muat di dalamnya, dan bisa menjadi sebuah garasi untuk 7.500 bus.

1. Krubera Cave

10 Gua Paling Unik Di Dunia
Pada tahun 2001 Krubera Cave atau juga disebut Voronja atau Voronya Cave, dinobatkan sebagai gua terdalam di dunia. Pada bulan Oktober 2004, para ilmuwan memperkirakan kedalamannya sekitar 2.080 meter. Gua ini terletak di Abkhazia, republik Georgia. Pada kedalaman lebih dari 300 meter, beberapa bentuk kehidupan ditemukan seperti kalajengking, cacing parasit serta ikan berbentuk transparant.
12 Comments Blogger
  1. Posting yang sangat bermanfaat menambah wawasan. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. wow..our very own in palawan the famous Subterranean River. thanks for posting

    BalasHapus
  3. mantap sekali informasinya dengan detail yang jelas, kapan ya ... bisa mengunjunginya, jadi penasaran nih sobat.

    BalasHapus
  4. sangat menamjubkan mas salam kenal

    BalasHapus


Join This SiteInstagram